Thursday, April 4, 2013

First Article : Decision Making Management

Manajemen Pengambilan Keputusan

Manajemen Pengambilan Keputusan adalah suatu kegiatan dimana kita diharuskan untuk mengambil keputusan dalam suatu situasi atau kondisi atau suatu kegiatan yang menyangkut dengan kejadian di masa yang akan datang. Dalam pengambilan keputusan di perusahaan, seorang manajer harus bisa bertindak dengan cepat dan tepat. Manajer tersebut harus mengerti akan, kondisi perusahaan, perubahan yang akan terjadi pada saat keputusan tersebut diambil dan resiko yang akan diakibatkan dari pengambilan keputusan tersebut.
Banyak Manajer dalam suatu perusahaan kurang bisa dengan cepat dan tepat dalam pengambilan keputusan. Itulah penyebab banyak perusahaan yang terkadang mengalami "vakum sementara".


Maka dari itu, sebaiknya jika anda menemukan suatu masalah, lebih baik anda mengikuti langkah-langkah dibawah ini, sehingga anda dapat mengambil keputusan secara tepat, benar dan minim dari resiko :


1. Identifikasi dan diagnosis masalah yang anda dapatkan.
2. Memilih beberapa solusi alternatif.
3. Meng-evaluasi beberapa solusi alternatif tersebut.
4. Memilih salah satu solusi alternatif dari beberapa solusi yang anda temukan.
5. Meng-implementasikan solusi tersebut.
6. Meng-evaluasi kembali solusi alternatif pilihan anda, dengan keadaan realita yang anda hadapi.
Itulah langkah-langkah sederhana dalam pengambilan keputusan, pengambilan keputusan tidak harus dilakukan oleh seorang diri, anda bisa konfirmasi dengan rekan-rekan kerja anda mengenai pengambilan keputusan yang tepat sehingga dapat membuat perusahaan semakin maju. Namun, pada akhirnya, semua keputusan berada di tangan anda sebagai manajer.
Semoga artikel singkat tentang Manajemen Pengambilan Keputusan ini berguna bagi anda yang sedang dilema dalam pengambilan keputusan di perusahaan atau keadaan tertentu.


0 comments:

Post a Comment