Thursday, April 4, 2013

FRANCHISING

FRANCHISING
Franchise, atau waralaba dalam bahasa Indonesia, adalah sebuah metode dalam sistem distribusi barang atau jasa. Dalam sistem franchise ini paling sedikit ada dua pihak yang terlibat, yaitu
  • Franchisor, yaitu pihak yang menjual atau meminjamkan hak dagangnya, atau merk dagangnya serta sebuah sistem bisnis untuk menjalankan bisnis tersebut.
  • Franchisee, yaitu pihak yang membayar royalti dan biaya lainnnya yang dipersyaratkan oleh franchisor untuk dapat menggunakan merk dagangnya serta sistem bisnis yang dirancang oleh franchisor.

saya akan memberi contoh franchise yang sudah berhasil masuk ke dunia pasar internasional 

Mc Donald masuk ke Indonesia pertama kali sebagai perusahaan burger dan kentang, belum melakukan pengembangan atau differensiasi produk. Sedangkan pada saat itu, pesaing yang ada yang telah lebih dahulu menguasai pasar seperti Kentucky Fried Chicken (KFC), Texas Fried Chicken (Texas), dan California Fried Chicken (CFC), sudah memiliki konsumen royal masing-masing dan seperti sulit ditembus oleh pemain baru seperti Mc Donald.

Mc donald adalah satu perusahaan yang berhasil menembus pasar internasional , perusahaan ini sangat pintar sekali , perusahaan ini masuk kedalam sebuah negara dengan cara mengnal culture negara tersebut dan memberikan difrensiasi untuk para konsumen nya , yaitu menjual buger dan kentang pada saat itu , adalah product utama mereka , pada advertising mereka , mereka memasang suku kebudayaan seluruh suku ibdonesia sehingga masyarakat indonesia pada saat itu cepat sekali menerima nya , dan mengkonsumsinya 

jadi untuk masuk ke pasar internasional kita harus mengetahui dan mempelajari apa yang menjadi kebiasaan di negar tersebut , dan harus mengetahui apa yang menjadi kesukaan masyarakat di negara tersebut

0 comments:

Post a Comment