Monday, March 18, 2013

Pendekatan dalam Membuat Perencanaan


Perlu kita ketahui bahwa pada dasarnya dalam membuat perencanaan itu menyangkut 5W+1H (What, Who,Why, When, Where dan How). Dan berdasarkan kurun waktunya sering kita kenal dengan perencanaan tahunan yaitu, rencana jangka pendek (<5 tahun), rencana jangka menengah (5-10 tahun) dan rencana jangka panjang (>10 tahun).

Sedangkan untuk membuat rencana yang baik, sehingga hasilnya sesuai dengan harapan maka perlu melalui beberapa macam proses perencanaan sebagai berikut; a. perlu adanya misi dan tujuanb. factor-faktor eksternal antara lain, informasi tentang social, demografi, budaya, lingkungan dan lain-lain.c. SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunity, Treath). Setelah menemukan SWOT dapat ditindak lanjuti dengan sasaran perencanaan yang strategis, mencantumkan target-target dan kemudian diterjemahkan dalam rencana-rencana operasional.
d. faktor-faktor internal mencakup saluran distribusi yang handal, posisi kas organisasi, lokasi yang menguntungkan, keunggulan dalam menerapkan teknologi yang canggih tetapi sekaligus tepat guna dan struktur atau tipe organisasi yang digunakan.


0 comments:

Post a Comment